Monday, October 22, 2012

Lumbung Padi di Ciptagelar


Tanggal 9, 10, 11, 12 kemarin aku pergi ke Ciptagelar. Ciptagelar adalah suatu kampung adat yang berada di pegunungan halimun jawa barat. Aku pergi bersama teman- temanku angakatan 8 SAI. Sebelumnya, kakakku sudah pernah kesana, dan dia bercerita banyak, tapi aku peling tertarik dengan cerita tentang LEUIT. Leuit adalah tempat penyimpanan padi orang Ciptagelar, leuit bisa mempertahankan padi hingga lebih dari 300 tahun. Aku masih belum ngeh bagaimana padi yang dutaruh di leuit dapat awet hingga lebih dari 300 tahun, entah itu faktor  bahan bangunan atau struktur ataupun cuaca, aku masih bingung. Leuit memiliki struktur yang unik, dia hanya memiliki satu pintu kecil dibagian atas untuk menaruh padi. Dan cara penaruhan padi dileuit jugaa ada caranya, bukan hanya ditumpuk saja, tapi padi yang sebelumnya sudah ditaruh diangkat dan taruh padi yang baru. Di Ciptagelar mempunyai satu leuit yang dimiliki bersama (sebenarnya leuit itu adalah cadangan padi untuk masyarakat disaat musim peceklik.). leuit itu dinamakan leuit si jimat. Oiya, leuit adalah toloak ukur orang ciptagelar, dia itu kaya atau tidak. Munkin masih banyak ilmu pengetahuan tentang leuit, tapi aku masih mengexplorenya baru samapai itu aja. So… jangan kapok buka blog kami ya.. XD

By: Zalna


No comments:

Post a Comment