Sunday, March 24, 2013

KESAN NIKMAT DARI SEPIRING TIWUL



Jadi di hari kedua ini kita bakalan mampir ke sebuah desa di Wonosari, GunungKidul. Aku agak ngerasa gimana gitu, karena sebelumnya udah dikasitau kalo GunungKidul itu kalo lagi kemarau susah banget air. Jadinya rada deg-deg an aja takut pas disana gak ketemu sama sahabat tercinta, air! 



Sekitar satu setengah jam perjalanan dari kawasan rumah Dome, sampe deh di GunungKidul. Pertamanya pas sampe itu, kita turun ke rumah warga yang bakalan kita inepin selama semalam. Tuan rumahnya baik banget, baru sampai aja kita udah disediain banyak olahan dari singkong (keripik singkong & ciwul). Singkong itu udah jadi makanan pokok disana, ibarat nasi di Jakarta. Kita istirahat dan ngobrol macem-macem sama sang tuan rumah, lumayan lah istirahat sambil nyemil. Limabelasmenit kemudian, kita diajak jalan-jalan sama tuan rumah ke Gua yang dulunya dipakai untuk ngambil air wudhu oleh orang jaman dulu yang ada disana. Perjalanan ke Gua lumayan seru juga karena jalannya yang naik-turun (udah kayak jalur OTFA aja gitu) terus licin dan masuk ke dalam hutan. Sampai di dekat Gua, kami di wanti-wanti supaya tidak tertawa dan berbicara terlalu kencang. Tuan rumah yang mengantar kami kesana 'meminta izin' pada penjaga Gua tersebut, setelahnya kami satu persatu turun (tapi hanya melihat gua dari atas) melihat gua. Kedalaman Gua cukup dalam, yaitu 40m kebawah lalu 15m mendatar dan turun lagi ke bawah 40m.





Kami kembali lagi ke rumah warga yang kami tempati untuk beristirahat dan ada agenda utama: membuat tiwul! Cara membuatnya cukup mudah bagi yang sudah biasa, tapi agak susah juga buat kami yang baru kali ini membuatnya. Gaul juga cara bikinnya, digoyang goyang gitu tampah nya hahahaha:p beberapa dari kami ikut mencoba menggoyang alias membuat tiwul. Tiwul berbahan dasar singkong yang dijemur dan ditumbuk, lalu diuleni dengan air garam-gula yang dicampurkan secara perlahan saat diuleni. Setelah diuleni tiwul dikukus memakai kompor kayu bakar selama 10 - 15 menit.



Sambil menunggu tiwul matang, beberapa teman cowok nge-banyol dan main permainan yang biasa saja. Tapi kalau mereka yang main, jadi heboh dan kocak banget. Sampai-sampai Pa Budi ikutan main panco lawan anak cowok. Kesunyian yang ada di teras depan diisi dengan canda-tawa SL 8 CzarMöglich sehingga suasana jadi menyenangkan. Setengah jam kemudian, kami dipanggil kedalam untuk makan. Makanan nya apa coba? Tiwul! Wetseehh, makannya pas anget-anget lagi.... Weh nikmatnyaaaaaa!:9 apalagi makannya bareng temen-temen :"). Kapan lagi coba kayak gini? Ini kan outing terakhir? Hmm. Back to Tiwul again! Saya gak berani ngambil sepiring sendiri, jadinya makan sepiring bareng-bareng. Wedeehh uenak tenaan. Wkwkwkwk. Saya sampai makan malam pakai tiwul dicampur nasi dan sayur. Enak banget rasanya! Tapi kayaknya pencernaan saya tidak terlalu menerima makanan-makanan itu:/ yaaa jadinyaa, gitu deh. 




Oke byebye segitu aja deh yaa! Wassalamualaikum Wr.Wb.
Created by : Fayzasaf - 8 Möglich



No comments:

Post a Comment